Jumat, 19 April 2013

macam perangkat input beserta fungsinya


Macam perangkat Input beserta fungsinya

      PERANGKAT INPUT

 1. Mikrofon Mikrofon berfungsi untuk memasukan data berbentuk suara kedalam komputer. Alat ini harus kita hubungkan ke kartu suara (sound card) agar dapat menerima imput berupa suara . Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, imput suara tersebut dapat kita edit dan kita simpan dikomputer.

 2. Novo Media Desktop merupakan keyboard dengan koneksitas wireless dan fasilitas multimedia. Selain itu, keyboard ini berfungsi sebagai Bluetooth Control Center yang memungkinkan Anda mengorganisir peralatan Bluetooth Anda. Paket ini terdiri tiga bagian, yakni keyboard utama, keypad numerik (yang berfungsi juga sebagai sebuah kalkulator terpisah), dan mouse optikal. Untuk sumber tenaganya, keyboard menggunakan sepasang baterai AA, sedangkan mouse sepasang AAA. Ketiga perangkat yang menggunakan koneksi Bluetooth ini hanya perlu satu receiver saja, yang bisa dicolokkan melalui port USB.Semua tombolnya bisa diatur sendiri. Tombol shortcut untuk mengakses e-mail, web browser, media player, & mengatur volume suara. Pada keypad numeriknya terdapat tombol akses ke media player, sebuah termometer, serta penunjuk jam dan tanggal. Disamping itu software yang disertakan cukup lengkap, ada software Set Point, untuk berganti tombol mouse dan keyboard.

3. Joystick dan Games PaddleAlat ini biasa digunakan pada permainan komputer. Games paddle berbentuk tongkat dengan beberapa tombol diatasnya untuk mengendalikan suatuobjek dalam komputer.

4. Mouse Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu serial, ps/2, USB, dan wireless.

5. Graphic Pads Karena menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll dengan menggunakan grapich pads. Graphic pads memiliki dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane yang sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan yang sensitif dengan sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

6.BarcodeBarcode termasuk dalam suatu unit masukan / input device. Fungsi alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Tapi, sekarang di negara- negara maju, barcode sudah digantikan oleh QR Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar daripada

7. Light PenAdalah pointer elektronik yang digunakan untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per detik.

8. TouhcpadInput device ini biasa kita temukan di laptop/notebook. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat.

9. Scannre adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar,foto,atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer. Dan dapat dikelompokan menjadi 2 cara memasukan kertasnya :1) Flatbed pada pemindai gambar Flatbed,kertas diletakan diatas kaca pemindai,kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.2) Automatic Document Feeder (ADF) pada pemindai gambar Automatic Document Feeder kertas diletakan pada baki/tray, lalu satu persatu kertas akan dimasukan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak diatas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar