Minggu, 21 April 2013

komponen dan peripheral dalam komputer

                                         Komponen dan Peripheral dalam Komputer 
 
Komputer merupakan rangkaian dari berbagai komponen dan periperal. Periperal Komputer adalah Perangkat Imput dan Output yang merupakan Bagian dari pendukung sistem yang artinya semua peralatab yang terhubung dengan komputer. 
Komponen dan Peripheral dalam Komputer
Berdasarkan kegunaannya periperal terbagi menjadi 2 yaitu:
  1. Periperal Utama (Main Periperal) yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan Komputer. Contoh periperal utama yaitu Motherboard,Monitor,Keyboard,Mouse.
  2. Periperal Pendukung (Auxillary Periperal) yaitu peralatab yang tidak mestinya ada dalam mengoperasikan Komputer tetapi di perlukan untuk Kegiatan tertentu. Contoh Printer, Scanner, modem, web cam, dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan Proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian, komputer terbagi menjadi:
  1. Perangkat Masukan (Input), adalah perangkat yang di gunakan untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain Keyboard, Mouse, Scanner, Digitizer, Kamera Digital, Microphone, dan periperal Liannya.
  2. Perangkat Keluaran (Ourput), adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang di lakukan oleh Komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain-lain.
Komputer terdiri dari 4 Komponen penunjang utama, yaitu Perangat Masukan (input device), perangkat pemproses (CPU), perangkat penyimpanan (Storage devices), dan perangkat keluaran (output devices).
1. Perangkat Masukan (Input Devices)
Komponen dan Peripheral dalam Komputer
Input devices merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan pada sistem komputer berupa sinyal input dari maintainance input. Sinyal Input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem Komputer sedangkan Sinyal maintainance adalah sinyal  yang diguakan untuk mengolah sinyal input. Perangkat masukan Antara lain:
  • Mouse, Berfungsi untuk mengatur posisi pointer pada layar komputer, dapat men-drag (menarik) dan men-drop(meletakan) file.
  • Keyboard, merupakan peralat masukan langsung yang terdiri dari tombol huruf san fungsi. Bentuk Keyboard ada yang standard dan extended. Perbedaanya terletak pada jumlah tombolnya.
  • Joystik, merupakan peralatan imput tambahan untuk mempermudah pengguna komputer dalam melakukan permainan (Game) di komputer.
  • Scanner, merupakan peralatan untuk membaca input, baik data maupun gambar untuk di scan.
  • Microphone, merupakan alat elektronik yang berguna untuk mengubah sinyal Suara menjadi sinyal listrik.
  • CD-ROM Device, berfungi untuk membaca data input dari kepingan CD.
2. Perangakt Masukan Tak Langsung

Pada perangkat masukan tak langsung, data yang masuk tidak langsung di proses melainkan di rekam dahulu ke media penyimpanan luar seperti pita mangnetik. Contohnya Key-to-tape, Key-to-card dan key-to-disk.

3. Perangkat Pemrosesan (Central Processing Unit/CPU)

Komponen dan Peripheral dalam Komputer 
CPU merupakan pusat pengolah dan pengontrolan segala pemprosesan data. Peralatan pemprosesan terdiri dari:
  • Contol Unit, untuk menerjemahkan perintah atau intruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian komputer.
  • Aritmatic Logic Unit (ALU), berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan penambahan dan pengurangan, perbandingan-perbandingan, serta logika.
  • Memory (Pengingat), sebagai penampung atau penyimpan dan data proses aplikasi program yang dimasukan ke komputer, untuk melakukan tugas tersebut bergantung pada kapasitas memori itu sendiri.
4. Perangkat Penyimpanan

Komponen dan Peripheral dalam Komputer
Berfungsi untuk menyimpa data yang telah di masukan dan juga menyimpan hasil pemprosesan kerja CPU. Peralatan penyimpanan ini di bagi menjadi 2  yaitu:
  • Memori Internal (Primary Storage), merupakan memori yang ada dalam CPU yang terdiri dari :
    • ROM, merupakan memori yang bersifat permanen yang dapat di baca tetapi tidak dapat diperbaharui dan berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer.
    • RAM, merupakan memori yang bersifat sementara. Jika komputer mati, maka data atau program yang telah tersimpan akan hilang.
  • Memori External (Secondari Storage), merupakan media penyimpanan data atau program-program bersifat tetap. Contohnya:
    • Hardisk, merupakan media yang di gunakan sebagai  alat booting dan penyimpanan data. Hardisk dapat di bedakan menjadi 2 jenis yakni IDE dan SCSI. Kedua jenis hardisk tersebut dapat di bedakan dari jumlah PIN data yang ada.
    • CD-ROM, merupakan media penyimpanan dalam bentuk kepingan cakam. Media penyimpanan data ini harus menggunakan CDRW Drive.
    • Floppy Disk, bisa di sebut disket, merupakan media penyimpanan data juga, namun dengan kapasitas yang relatif kecil. Untuk menggunakannya di perlukan floppy disk drive.
    • Flasdisk, merupakan alat untuk menyimpan data external yang menggunakan penghubung USB.
5. Perangkat Keluaran (Output Devices)
Komponen dan Peripheral dalam Komputer
Merupakan perangkat komputer untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil kerja komputer.

  • Monitor atau Display, berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pemprosesan komputer secara visual, baik berupa gambar maupun data.
  • Printer, merupakan keluaran untuk menampilkan hasil prosesan komputer dalam bentuk tulisan maupun gambar.
  • Speaker, merupakan perangkat keluaran yang menampilkan sinyal suara, di mana sinyal tersebut sebelumna telah di olah dalam soundcard (kartu suara).
6. Perangkat Pendukung

Komponen dan Peripheral dalam Komputer

  • UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah perangkat yang biasanya menggunakan baterai backup sebagai ctutan daya alternatif, untuk dapat memberikan suplai daya yang tidak terganggu untuk perangkat elektronik yang terpasang.
  • Power Supplay adalah media menerima daya listrik dan mengalirkan ke dalam komponen komputer dan monitor.
  • Stabilizer atau Stalvo adalah yang di gunakan untuk menstabilkan catu daya listrik yaitu dari PLN - Stabilizer - Komputer, dengan demikian komputer dalam menerima catu daya tidak berlebihan.

1 komentar: