Minggu, 21 April 2013

konfigurasi jaringan dan sharing data

       Konfigurasi Jaringan dan Sharing Data

1. Pada tampilan home di worksheet virtual box, pilih settingan untuk memulai mengkonfigurasi jaringan pada virtual box. Lalu pilih jaringan - kemudian pilih settingan seperti gambar dibawah ini


2. Setalah itu, jalankan program pada virtual box (virtual SO) dan setting IP Addres sesuai keinginan


3. Lakukan hal yang sama pada PC Laptop Anda dengan IP class yang sama


4. Setelah itu lakukan pengecekan dengan melakukan ping command dari virtual maupun dari PC laptop. Pastikan keduanya saling me-reply


5. Untuk melakukan koneksi internet melalui virtual box dengan menggunakan modem USB, pada home virtual box masuk ke dalam menu Setting - kemudian pilih USB kemudian klik menu icon pada samping kanan bertanda (+) untuk menambahkan USB yang akan terkoneksi ke virtual box bukan ke PC Laptop. Pastikan sebelum me-add USB connection, Mosem USB yang akan digunakan sudah terpasang di salah satu port USB PC Laptop Anda.


6. Tunggu beberapa saat hingga modem Anda terkoneksi dan terdetect oleh OS di virtual box.


7. Untuk proses sharing data, dilakukan sama seperti kita melakukan sharing data dengan menggunakan koneksi jaringan LAN. Pilih folder yang akan di share dari PC Laptop ke OS Virtual box - klik kanan properties - lalu lakukan settingan share to everyone seperti biasa.


8. Dengan membuka Run pada OS Virtual box, ping pada IP Address PC Laptop untuk mengambil file yang telah di share sebelumnya.

 

1 komentar: